Libur Natal: Data Melonjak, Jaringan XL Aman

Jakarta - Akses data mendominasi lonjakan trafik di jaringan seluler XL Axiata sejak libur Natal hingga akhir pekan kemarin. Jika pada hari biasa trafik data mencapai 480 Terabytes, saat Natal kemarin data tercatat naik 15% menjadi 522 Terabytes.

Sementara tertinggi kedua adalah trafik SMS dengan peningkatan 8,5% dari 600 juta SMS di hari normal menjadi 651 juta SMS di saat Natal. Layanan voice juga mengalami peningkatan, namun hanya 3% atau menjadi 515 juta menit dibandingkan hari biasa 500 juta menit.


XL sebelumnya telah memprediksi sepanjang liburan panjang akhir 2014 ini akan terjadi kenaikan trafik layanan pada voice 5%, SMS 10%, dan data sekitar 15%-20% dari trafik normal sehari-hari.


"Sejauh ini jaringan XL tetap aman dan lancar melayani kelancaran berkomunikasi pelanggan. Termasuk dalam penyediaan layanan data yang nyaman," kata Tri Wahyuningsih, GM Corporate Relation & Communication Management XL, Minggu (28/12/2014).


Demi melayani 58,3 juta pelanggan secara nasional, XL memanfaatkan 49 Ribu BTS 2G dan 3G. Selain itu, XL juga juga menggunakan jaringan fiber optik sepanjang 30 ribu km yang menghubungkan pulau-pulau utama di Indonesia.


XL pun menerapkan pola MSC pool dan SGSN in-pool untuk 3G secara nasional guna melindungi jaringan dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.


(rou/rou)