Natalan, PlayStation Network dan Xbox Live Tumbang

Jakarta - Penggila PlayStation dan Xbox yang senang bermain online sepertinya harus terpaksa ‘berpuasa’ pada natalan ini, karena layanan online milik kedua konsol game tersebut dilaporkan tumbang secara bersamaan.

Sejauh ini belum dipastikan mengapa kejadian tersebut bisa dialami bersamaan oleh PlayStation Network dan Xbox Live. Namun sejumlah gamer yang menggunakan kedua layanan tersebut mengatakan mendapat notifikasi jaringan eror saat coba mengaksesnya.


Saat ini baik Sony maupun Microsoft mengaku tengah melakukan investigasi untuk menemukan masalahnya.


“Kami sadar pengguna mengalami masalah login ke XBL (Xbox Live) & (kami) secara aktif (sedang) bekerja untuk menyelesaikan,” tulis @XboxSupport melalui akun Twitter-nya pada 25 Desember kemarin. Begitu juga @AskPlayStation yang mengicaukan informasi serupa.


“Kami menyadari bahwa beberapa pengguna melaporkan masalah saat mengakses PSN (PlayStation Network) pagi ini (25/12/2014). Terima kasih atas kesabaran Anda karena kami (sedang) menyelidiki,” tulis @AskPlayStation, seperti detikINET kutip dari Digital Trends, Jumat (26/12/2014).


Spekulasi yang beredar menyebut tumbangnya kedua layanan ada kaitannya dengan kelompok hacker bernama Lizard Squad yang disebut-sebut sebagai penyebabnya. Pun begitu, pihak Sony dan Microsoft mengatakan masalahnya bersumber dari kendala teknis, dan bukan akibat ulah dari kelompok hacker tersebut.




(yud/yud)