Google Sediakan Lirik Lagu Buat yang Hobi Nyanyi

Jakarta - Bagi mereka yang hobi bernyanyi pasti menyukai layanan baru Google yang satu ini. Google tertarik menyediakan katalog lirik lagu online, menyaingi situs semacam Genius atau Metro Lyric.

Raksasa internet ini kini mempekerjakan staf khusus untuk mencatat dan membuat katalog lirik lagu. Dengan demikian, pengguna akan lebih mudah melakukan pencarian lagu favorit mereka.


Dilansir Guardian, Kamis (25/12/2014), Google kini mulai menyertakan lirik dalam hasil pencarian untuk sejumlah istilah pencarian. Misalnya, ketika pengguna mencari kata frasa seperti 'stairway to heaven lyrics' atau 'comfortably numb lyrics', lirik lagu yang memiliki kata ini akan muncul pada hasil pencarian teratas.


Selama ini, biasanya hasil pencarian teratas adalah katalog lirik lagu dari sumber pihak ketiga. Ini adalah cara Google menyaingi ratusan situs populer yang menawarkan lirik ribuan lagu.


Situs seperti Genius, Metro Lyric, AZLyrics dan SongLyrics telah menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan library lirik mereka. Dan kebanyakan situs seperti ini bergantung pada mesin pencarian untuk web trafik.


"Ada waktunya ketika Anda merasakan sesuatu dan ingin mendengarkan lagu. Dan kalimat yang Anda cari dalam lirik tersebut sangat bermakna," ujar Google.


Saat ini belum semua pengguna bisa menggunakan layanan ini. Google baru merilis kemampuan ini untuk pengguna di sejumlah wilayah. Ke depan, secara bertahap raksasa internet ini akan memperluas ketersediaannya ke semua pengguna.


Ini bukan pertama kalinya Google berupaya mengungguli link lain untuk menjawab langsung pertanyaan pengguna. Jika Anda melakukan pencarian 'temperature in NYC' misalnya, akan langsung muncul weather box.

(rns/rns)