Edan! Foto Hitam Putih Ini Harganya Rp 80,9 Miliar

Jakarta - Foto ini kelihatannya biasa saja, apalagi warnanya hanya hitam putih. Tetapi katanya, ia memecahkan rekor sebagai foto termahal di dunia.

Ya, foto karya fotografer Peter Lik asal Australia itu diklaim terjual dengan harga selangit, USD 6,5 juta atau di kisaran Rp 80,9 miliar. Pembelinya sendiri dirahasiakan identitasnya.


Berwarna hitam putih, foto ini menampakkan sorotan cahaya di Antelope Canyon, Arizona. Selain foto ini, Lik juga menjual dua foto lain dengan banderol cukup mahal juga, sehingga total ia mendapatkan USD 10 juta.


Akan tetapi beberapa pihak meragukan apakah benar foto Phantom itu terjual begitu mahalnya, terlebih tidak diverifikasi secara independen. Menjawab keraguan itu, pengacara Lik menyatakan transaksi tersebut benar terjadi.


"Aku bisa memastikan bahwa penjualan itu benar terjadi, tapi hanya itu saja yang bisa kukatakan. Speertinya angka yang sukar dipercaya tapi ini adalah foto yang unik dari seniman," ucap Joshua Roth, pengacara Lik yang dikutip detikINET dari DailyMail, Jumat (12/12/2014).


Peter Lik sendiri dikenal suka mengambil foto pemandangan alam. Dia lahir di Australia tapi di tahun 1984 pindah ke Amerika Serikat.


"Tujuan dari semua fotoku adalah untuk menangkap kekuatan alam dan menginspirasi orang untuk terkoneksi dengannya," kata dia.


(fyk/rns)