Komputer dari Garasi Steve Jobs Laku Rp 4,6 Miliar

Jakarta - Satu-satunya Apple-1 --komputer Apple pertama, yang pernah dijual Steve Jobs dari garasi rumahnya telah terjual melalui lelang di London, Inggris.

Meski terjual dengan harga yang terbilang tinggi, USD 365 ribu atau sekitar Rp 4,6 miliar (USD 1 = Rp 12 ribu), harga itu sebenarnya ada di bawah target yang sebelumnya telah ditetapkan, yaitu antara USD 400-600 ribu.


Meski telah berumur puluhan tahun, Apple-1 itu masih bisa dinyalakan dan bisa beroperasi secara normal, sama seperti komputer tersebut pertama dijual pada tahun 1976. Kala itu, Steve Jobs membandrol Apple-1 dengan harga USD 666.


Seperti dilansir Business Insider, Sabtu (13/12/2014), Apple-1 tersebut banyak dikenal orang dengan nama Ricketts Apple-1, yang diambil dari nama pemilik aslinya yaitu Charles Ricketts.


Menurut pihak Christie's, komputer tersebut awalnya ditemukan teronggok dalam sebuah gudang di daerah Virgina, Amerika Serikat. Apple-1 itu akhirnya dimiliki oleh seorang polisi setempat yang membeli isi gudang tersebut dari pemilik aslinya.


Bulan Oktober 2014 lalu, sebuah Apple-1 lain terjual dengan harga yang jauh lebih fantastis. Kala itu, organisasi Henry Ford membayar USD 905 ribu untuk menebus komputer tersebut dalam sebuah lelang.


(asj/asj)