Forensik Digital Jadi Lahan Basah Buat Hacker

Jakarta - Dari sekian banyak cabang ilmu hacking, forensik adalah yang paling menjanjikan. Ini dikarenakan belum terlalu banyak orang yang berkecimpung di dalamnya.

Dikatakan pakar IT Onno W Purbo, forensik adalah tahapan hacking paling advance. Ilmu ini sangat terpakai untuk kepentingan penyelidikan yang melibatkan cyber crime.


"Mempelajari bagaimana cara kerjanya, kejadiannya. Itu forensik semua urusannya, forensik digital. Semua sekarang kan berhubungan dengan digital. Untuk penyelidikan di KPK misalnya, kasus-kasus hukum," kata Onno usai seminar 'How to be a Good Hacker di Gedung Cyber, Kuningan, Jakarta.


Suami dari Nurlina ini juga mengatakan, Indonesia memerlukan banyak sumber daya manusia (SDM) di dunia hacking. Di era cyber seperti sekarang, hacker bisa dikerahkan menjadi prajurit pertahanan cyber Indonesia.


Indonesia dikatakannya sangat kekurangan SDM hacker. Dari empat mailing list hacker terbesar di Indonesia saja, diperkirakan hanya ada 60 ribu orang.


"Dari angka segitu juga belum tentu hacker semua. Ada yang wanna be. Yang hacker beneran profesionalnya paling cuma ribuan," sebutnya.


(rns/fyk)