Ingin Rasakan 4G? Pastikan Ponsel Pakai Chip Ini

Jakarta - Telkomsel dan pastinya bakal disusul operator lain, telah resmi mengkomersialkan layanan 4G LTE. Artinya pengguna ponsel Indonesia sudah bisa merasakan akses internet super cepat dari ponselnya. Eits, tapi tunggu dulu, pastikan ponsel Anda telah menggunakan chip ini.

Teknologi 4G memang telah banyak diimplementasikan oleh banyak negara, tapi ternyata untuk bisa merasakan teknologi data seluler super cepat itu, ponselnya juga harus mendukung. Saat ini ada beberapa produsen chip yang terbilang dominan di jagat ponsel yakni Qualcomm, MediaTek, Intel, dan Samsung.


Di jajaran ponsel kelas bawah hingga menengah, chip yang paling sering ditemui dalam ponsel adalah MediaTek. Chip ini dipilih karena harganya yang terjangkau sehingga produsen bisa memberikan harga kompetitif bagi ponselnya. Begitu pun Intel yang bisa dibilang juga mengisi segmen yang sama.


Sedangkan Samsung yang punya chip Exynos lebih mengincar segmen menengah ke atas karena biasanya hanya dibenamkan di ponsel kelas atasnya seperti Galaxy S5 dan Galaxy Note 4. Soal performa, Exynos tak perlu diragukan lagi karena mampu mengimbangi bahkan mengangkangi prosesor kelas atas lainnya.


Tapi meski punya daya tarik dari segi harga dan performa, chip buatan ketiga produsen tersebut biasanya absen terhadap dukungan teknologi 4G LTE. Berbeda dengan chip buatan Qualcomm, hampir semua chip besutannya telah mendukung teknologi 4G LTE.


Mulai dari Snapdragon 400 hingga varian tertinggi Snapdragon 805 dipastikan telah mendukung teknologi seluler teranyar itu. Tapi khusus untuk Snapdragon 400, ada beberapa ponsel yang dukungan 4G-nya ‘dikunci’ karena memang dijual di negara yang tadinya belum mendukung 4G semisal Indonesia.


Ke depannya Qualcomm juga telah menyiapkan chip penerusnya yang dipastikan bakal mendukung jaringan 4G, mulai dari varian terendah yang ditempati oleh Snapdragon 210 sampai yang tertinggi yakni Snapdragon 810. Namun baru segelintir ponsel yang sudah memakai chip anyar Qualcomm itu.


Pun demikian, bukan berarti produsen chip lainnya tak bisa menyodorkan dukungan 4G. Baik Samsung maupun Intel sebenarnya punya chip yang bisa mendukung penggunaan di jaringan 4G. Namun tak seperti chip Qualcomm yang bisa digunakan di banyak negara, jaringan 4G yang didukung chip Samsung dan Intel biasanya hanya terbatas di beberapa negara.


Jadi bila penasaran ingin segera menjajal teknologi 4G di ponsel anda, pastikan dulu chip yang digunakan oleh ponsel sesuai penjelasan di atas.


(yud/ash)