Pengakses YouTube di Indonesia Suka Nonton Apa Sih?

Jakarta - Di YouTube beragam tema video bisa diunggah, mulai dari soal yang berat-berat hingga yang enteng. Lalu, apa sih kegemaran penonton YouTube asal Indonesia?

"Kebanyakan penonton YouTube di Indonesia gemar menonton hal yang berbau komedi. Tak harus stand up comedy, hal-hal aktivitas sehari-hari pun yang lucu banyak ditonton," ujar Director Head of Operation YouTube Asia Pasifik David Powell, saat berbincang dengan detikINET, di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (12/12/2014).


"Ada akun dari Aulion soal video pendek yang menyenangkan, itu bagus dan lucu. Ada juga akun dari Skinny yang menarik dan menyenangkan," sebutnya


Sekedar informasi saja, akun YouTube yang mempunyai subscriber paling banyak di Indonesia adalah Raditya Dika. Dia adalah seorang penulis buku komedi, yang juga sering membuat video webseries bergenre komedi.


Kendati Indonesia demam video lucu, Powell mengingatkan ada konten-konten edukatif yang dibuat oleh kreator asal Indonesia. Video bersifat memberikan informasi pun banyak bertebaran di YouTube.


"Contohnya, ada seorang profesor Phd asal Australia, yang mempunyai akun YouTube. Dia mengajarkan soal sains, namun dengan bahasa yang menyenangkan. Itu bisa sebetulnya diadopsi di sini," tegasnya.


Di era demokrasi, saluran YouTube pun dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi atau melakukan pendekatan dengan konstituen, seperti yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.


Ditambahkan oleh Communication Manager Google Indonesia Jason Tedjasukmana, ada beberapa akun berbau politik yang menyenangkan di Indonesia. "Ada seperti Cameo Project yang menampilkan video kampanye yang lucu," kata Jason.


(tyo/fyk)