Naskah Film Terbaru James Bond Dicuri Hacker

Jakarta - Kelompok hacker berhasil mencuri banyak dokumen penting dalam serangan cyber besar-besaran yang menghantam studio film Sony Pictures. Salah satunya ternyata adalah naskah film terbaru James Bond yang berjudul Spectre.

Dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (14/12/2014), produser James Bond membenarkan kalau versi awal naskah film Spectre digondol hacker. Para hacker memang sukses menjebol sistem komputer di Sony Pictures dan menimbulkan kerugian besar.


"Eon Productions mengkhawatirkan kalau pihak ketiga yang telah menerima naskah curian itu mungkin akan mempublikasikannya," demikian pernyataan Eon, produsen Spectre yang bernaung di bawah Sony Pictures. Mereka menambahkan bahwa naskah itu dilindungi hak cipta.


Spectre yang kembali dibintangi Daniel Craig sebagai James Bond sedang dalam proses pembuatan dan rencananya tayang pada akhir 2015. Dicurinya naskah oleh hakcer membuat plot film tersebut sedikit banyak terungkap.


Kabarnya, naskah film ini cerita awalnya dipuji eksekutif Sony, tapi bagian akhirnya dinilai buruk sehingga perlu ditulis ulang. Ada rumor pula kalau bocornya naskah oleh hacker membuat Sony menghentikan produksi Spectre meski sudah dibantah.


"Produksi masih terus berlangsung," kata juru bicara Sony, Robert Lawson. Dengan anggaran kabarnya tembus USD 300 juta, Spectre menjadi film termahal James Bond.


Sony Pictures sendiri dihantam hacker 24 November lalu yang membuat jaringan komputer mereka lumpuh. Banyak pula dokumen penting dicuri. Disebut-sebut, serangan cyber pada Sony adalah yang terparah di Amerika Serikat. Identitas pelakunya belum diungkapkan.

(fyk/fyk)