2 Juta Orang Rebutan 5.000 Lowongan Pegawai Google

Jakarta - Banyak sekali orang berminat menjadi karyawan Google. Godaan gaji tinggi dan fasilitas melimpah memang memikat. Bayangkan saja, tiap tahun ada sekitar 2 juta orang melamar jadi pegawai Google. Sedikit sekali yang diterima.

Jadi, tugas pria bernama Laszlo Bock ini memang tidak mudah. Bock adalah Head of People Operation Google. Bisa dikatakan dialah yang bertanggung jawab merekrut dan memecat para pegawai raksasa internet tersebut.


Bock sehari-hari bekerja di kantor pusat Google di Mountain View, California. Dari kira-kira 2 juta lamaran yang datang dari seluruh dunia, hanya 5.000 saja akan diterima. Tiap pelamar kira-kira punya peluang 400 banding 1.


Tak sedikit yang mencoba menyuap Bock agar diterima jadi pegawai Google. Tak sedikit pula yang mengancamnya. Tapi Bock memastikan semua proses perekrutan karyawan Google dilakukan dengan obyektif.


Bock yang saat ini berusia 43 tahun bergabung dengan Google sembilan tahun lampau. Enam tahun lampau, karyawan Google sekitar 6.000. Kini sudah tembus 50 ribu, mungkin setara dengan penduduk sebuah kota kecil.


Jika diibaratkan Google adalah sebuah kota, maka pendirinya adalah Larry Page dan Sergey Brin. Walikotanya Eric Schmidt, sang chairman yang juga mantan CEO. Sedangkan Bock kurang lebih adalah kepala imigrasi yang bertanggung jawab soal siapa yang keluar masuk.


Sulit sekali memang menjadi karyawan Google, sebuah perusahaan yang seringkali memenangkan penghargaan sebagai tempat kerja yang paling diidamkan. Apa sih kriteria pegawai Google?Next


(fyk/ash)