NU: Pemblokiran Situs Radikal Bagus untuk Kejutan

Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengapresiasi langkah BNPT yang merekomendasikan Kementerian Kominfo agar memblokir situs yang dinilai radikal. Langkah tersebut dinilai sebagai bentuk ketegasan pemerintah dalam upaya menanggulangi penyebaran paham-paham ISIS dan kelompok radikal lainnya.

"Saya menghargai upaya yang dilakukan BNPT, 19 situs diblokir, itu bagus untuk kejutan, artinya ada ketegasan dari pemerintah. 7 protes ya nggak apa-apa kan bisa direvisi, biar berunding ke BNPT dan mawas diri" kata Wakil Ketua Umum PBNU, K.H As'ad Ali.


As'ad menyampaikan ini dalam diskusi bertajuk "Efektifitas‎ Pemblokiran Situs Radikal dalam Memerangi Terorisme‎" yang digelar di Kampus Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (UBJ), Jalan Dharmawangsa I, Jaksel, Jumat (10/4/2015). Acara ini diprakarsai oleh Pusat Kajian Keamanan Nasonal (Puskamnas) UBJ. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Puskamnas Prof, Hermawan Sulistyo, Rektor UBJ Irjen (Purn) Bambang Karsono, dan Kabaintelkam Polri, Komjen Djoko Mukti.


Dalam pemblokiran situs radikal, As'ad menilai harus ada pembagian kategori yang jelas perihal kepemilikan dan afiliasi situs tersebut mengarah ke ISIS atau tidak. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi salah blokir.


"Kalau afiliasi dengan ISIS ya langsung diblok," ujar As'ad.


Kendati begitu, As'ad menyayangkan situs-situs yang jelas bermuatan negatif justru tidak termasuk dalam 19 situs yang diblok beberapa waktu lalu. Di antaranya adalah‎ Ansrudaulah, ansaruttauhid, jihadologi, azzamblog, dan al-busro.


"Ada yang kurang dari pemblokiran ini, yang punya ISIS malah tidak diapa-apain," kata mantan Wakil Kepala BIN itu.


Setelah melakukan pemblokiran terhadap 19 situs yang dituding mengandung paham radikal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tak butuh waktu lama untuk membuka segel blokir tersebut. Setelah melalui proses rapat koordinasi panel, disepakati ada 12 situs yang bakal dibuka blokirnya.


Berikut daftar 12 situs yang dinormalisasi:

1. hidayatullah.com

2. salam-online.com

3. aqlislamiccenter.com

4. kiblat.net

5. gemaislam.com

6. panjimas.com

7. muslimdaily.net

8. voa-islam.com

9. dakwatuna.com

10. an-najah.net

11. eramuslim.com

12. arrahmah.com


(ash/ash)