BlackBerry Masih Bertaji

Medan - Android jadi sistem operasi mobile terpopuler, ini bukan kabar yang mengejutkan lagi. Namun ini soal BlackBerry yang ternyata masih punya taji di sini.

Mengejutkan karena dalam beberapa waktu terakhir BlackBerry selalu mendapat sorotan rapor minor. Pada tahun 2014 misalnya, menurut data IDC, Android menguasai kue pasar ponsel dunia dengan angka 81,5%, disusul iOS yang berada cukup jauh di posisi kedua dengan 14,8%.


Jauh sekali di posisi ketiga ada OS Windows Phone besutan Microsoft yang pangsa pasarnya hanya 2,7%, turun dari sebelumnya 3,3%. Kemudian OS BlackBerry hanya memiliki market share 0,4% dari yang sebelumnya 1,9%.


Lain di dunia, lain juga gambaran pasarnya di Indonesia. Berkaca dari data yang terdapat di jaringan Telkomsel, dikatakan Vice President Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani, smartphone dengan OS Android masih jadi raja dengan share sekitar 60%. Sementara iOS cuma 4% dan WIndows Phone lebih kecil lagi, di bawah 1%.


"Semantara BlackBerry masih banyak penggunanya di jaringan Telkomsel, ya sisanya dari platform lainnya," kata Ririn saat berbincang di Hotel Aston City Hall, Medan.


Jadi kalau dihitung-hitung, BlackBerry kurang lebih masih mendapat porsi 35% di jaringan Telkomsel yang digunakan oleh pengguna smartphone. "Bahkan kalau di Sumatera, penetrasi BlackBerry lebih besar lagi, mencapai 40%," Ririn menambahkan.


Sebagai catatan, Indonesia total memiliki sekitar 250 juta pengguna seluler, dimana 140 juta di antaranya adalah pelanggan Telkomsel. Tetapi baru sekitar 40,4 juta pelanggan Telkomsel yang terdeteksi sebagai pengguna ponsel 3G.


"Telkomsel sendiri punya target 55 juta pengguna smartphone sampai akhir tahun 2015. Dan sampai bulan Februari, masih kurang 16 juta pengguna," lanjut Ririn.


Adopsi ponsel 3G di masyarakat diyakini terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya smartphone dengan harga terjangkau, dimana di jaringan Telkomsel sendiri terjadi peningkatan pengguna ponsel 3G sebesar 70,8% year on year, menjadi 40,4 juta pengguna.


Sementara di tahun 2014, bisnis digital Telkomsel (mobile broadband dan digital services) mengalami pertumbuhan sebesar 33,9% year on year. Hal ini pun berimbas kepada naiknya trafik data Telkomsel sebesar 142,9 year on year. Saat ini Telkomsel memiliki 67,9 juta pelanggan data atau sekitar 48,3% dari total jumlah pelanggannya. (ash/rou)