Awas, Gadget Bikin Pengguna Cepat Tua

Jakarta - Hadirnya teknologi sejatinya untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun nyatanya teknologi bisa membuat penggunanya cepat tua. Kok bisa?

Dikutip detikINET dari laman Huffington Post, Jumat (10/4/2015), ada empat hal yang dikatakan membuat teknologi berakibat penggunanya berpotensi lebih cepat tua. Simak berikut ini.


Kurang Tidur


Hampir sebagian besar orang membawa gadgetnya kemanapun mereka berada, bahkan hingga ke tempat tidur. Alih-alih berbaring santai, malah memelototi layar gadget. Alhasil membuat mereka terjaga semalaman. Kondisi tersebut bila terus berlangsung akan mengganggu jam tidur alami.


Sebuah studi yang dilakukan Brigham and Women's Hospital akhir tahun lalu menyebutkan cahaya yang terpancar dari gadget dapat menurunkan tingkat melatonin. Sehingga membuat seseorang susah tidur dan sukar nyenyak.


Keesokan harinya kadar kortisol akan meningkat. Ini ditandai dengan badan menjadi lesu, timbul lingkaran hitam dekat mata dan garis-garis halus pada kulit. Untuk diketahui kortisol menjadi penyebab kerusakan kolagen sehingga akan membuat kulit terlihat berkerut.


Disarankan menjauhkan semua gadget saat berada di kamar tidur. Sehingga Anda fokus untuk beristirahat.Next


(fyk/fyk)