Ketimbang WhatsApp, Pengguna Lebih Betah BBM-an

Jakarta - Meski punya banyak pesaing, BlackBerry Messenger (BBM) dan WhatsApp masih menjadi layanan pesan instan paling favorit digunakan. Namun soal kebetahan pengguna menggunakannya, BBM ternyata menjadi yang teratas.

Fakta tersebut terungkap dari sebuah laporan yang belum lama ini dirilis oleh Quettra, sebuah perusahaan analisis mobile. Namun sebenarnya riset yang dilakukan tak cuma melibatkan layanan pesan instan, layanan media sosial juga diikutkan dalam dalam laporan tersebut.


Bisa ditebak, Facebook menempati posisi teratas sebagai layanan media sosial yang paling betah digunakan pengguna. Tapi bila lebih spesifik, BBM lah yang jadi juara sebagai layanan pesan instan yang paling betah digunakan.


Layanan pesan instan kepunyaan BlackBerry itu bersaing ketat dengan WhatsApp yang juga dimiliki oleh Facebook. Jadi berdasarkan laporan itu, 90% pengguna WhatsApp betah berlama-lama menggunakannya di satu minggu pertama. Sedangkan hanya 89% pengguna BBM yang betah pakai layanan pesan instan BlackBerry itu.


Namun angka tersebut berubah setelah memasuki sebulan penggunaan, tercatat 94% pengguna BBM yang makin betah memakai layanan pesan instan BBM. Sementara itu pengguna WhatsApp presentasenya tetap bertahan di angka 90%.


Memasuki bulan kedua alias hari ke-60, sebenarnya baik BBM maupun WhatsApp menunjukkan tren penurunan yang artinya pengguna mulai menunjukkan kejenuhan. Pun demikian, BBM masih menempati posisi teratas karena masih sekitar 89% penggunanya yang betah menggunakannya. Adapun WhatsAppp malah semakin anjlok menuju angka 80% pengguna yang masih betah memakainya.


(yud/ash)