Indonesia Ketiga Terbanyak di Dunia Akses Facebook Mobile

Jakarta - Setahun sejak Facebook membuka kantornya di Jakarta pada Maret 2014, pengguna aktif bulanan jejaring sosial ini bertambah signifikan.

"Pertumbuhannya sangat cepat dalam setahun terakhir, pengguna Facebook Indonesia kini menjadi 72 juta orang," kata Country Head Facebook Indonesia Anand Tilak, dalam wawancara dengan sejumlah media di Art Hotel, M.H. Thamrin, Jakarta, Kamis (9/4/2015).


Dikatakan Anand, keunikan pengguna Facebook di Indonesia dibandingkan dengan negara lain adalah keaktifan dalam berponsel. Tak heran, Indonesia kini menjadi pengguna terbesar ketiga di dunia yang mengakses Facebook melalui ponsel.


"Ketergantungan akan smartphone sangat tinggi. Orang Indonesia menghabiskan waktu rata-rata tiga jam per hari menggunakan smartphone. Lebih lama ketimbang TV yang hanya dua jam per hari. Ini meningkatkan penetrasi mobile di Indonesia," sebutnya lagi.


Mengutip data Milward Brown dalam riset 'Marketing in a Multiscreen World, waktu yang dihabiskan orang Indonesia menggunakan smartphone tersebut yang tertinggi jika dibandingkan negara-negara lain di Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, Filipina, Korea Selatan, Thailand dan Vietnam.


Asia Pasifik sendiri menjadi kawasan dengan pasar penjualan ponsel terbesar di dunia, mencapai 2,6 miliar pengguna di tahun ini. Konsumen ponsel ini pun tentunya senantiasa online melalui ponsel mereka.


Demikian banyaknya orang mengakses internet, khususnya di ponsel di Indonesia, Facebook berupaya menggaet para pengiklan untuk menjangkau orang-orang yang penting bagi mereka dan melakukan penetrasi marketing campaign melalui akses mobile.


(rns/yud)