Facebook: Pertumbuhan Video Ponsel Meledak

Jakarta - Sejak 2012 hingga 2014, pertumbuhan penggunaan video di ponsel dan tablet mencapai 532%. Dua pertiga dari video yang disaksikan di Facebook, diakses melalui ponsel.

Data ini diungkapkan Country Head Facebook Indonesia Anand Tilak, dalam wawancara dengan sejumlah media di Art Hotel, M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.


"Terdapat lebih dari satu miliar views di Facebook setiap harinya, dan 76% orang yang menonton video online mengatakan Facebook adalah sumber utama mereka mengakses video," ujarnya.


Menurut Anand, meledaknya pertumbuhan video ponsel membuktikan ada lebih banyak peluang terbuka bagi para pelaku bisnis dan pengiklan. Mereka bisa melakukan kampanye marketing dengan memperkaya cerita melalui video kreatif.


Di Indonesia sendiri, mengutip data eMarketer pada 2011-2014, persentase penonton di ponsel mengalami pertumbuhan pesat hingga double digit.


"Anak-anak muda adalah kalangan yang menyumbang pertumbuhan ini secara signifikan," kata Anand.


Sebanyak 84% pengguna dengan rentang usia 13-24 tahun mengaku tidak bisa lepas dari ponsel. Ada 69% yang berpendapat mereka lebih memilih ponsel ketimbang TV.


"Dari jumlah yang mengakses ponsel saat menonton TV, 85% di antaranya membuka Facebook," simpulnya.


(rns/ash)