Bogor Punya Ruang Kontrol Smart City

Jakarta - Tepat satu tahun kepemimpinannya, Walikota Bogor Bima Arya meresmikan Green Room. Ini adalah sebuah ruangan berisi platform pengelolaan smart city.

"Dengan ruangan ini pemangku kepentingan dapat mengerti berbagai keadaan atau kejadian yang ada di kota tersebut," kata Suhono Harso Supangkat, ketua peneliti Smart City Institut Teknologi Bandung (ITB).


Dikatakan penggiat smart city di berbagai kota di Indonesia ini, operasional ruang kontrol ini akan dibangun secara bertahap sesuai dengan layanan atau aplikasi yang dikembangkan.


Untuk saat ini, beberapa kondisi lalu lintas di jalan-jalan utama kota Bogor sudah bisa dipantau secara langsung dari Kantor Walikota.


Informasi ini dapat dikombinasikan dengan data yang diperoleh dari aplikasi crowdsourcing atau media sosial yang sudah umum digunakan masyarakat.


"Smart System Platform yang dikembangkan oleh peneliti dan pengembang ITB ini dapat melakukan integrasi dan analisis kejadian yang biasa terjadi di suatu kota atau komunitas. Termasuk pemantauan kinerja dari Pegawai Negeri Sipil, maupun kinerja dari organisasi di pemerintah kota," terang Suhono lagi.


Dalam peresmian Green Room, Walikota Bima Arya mengatakan, kehadiran ruang kontrol smart city ini tak terlepas dari prestasi kota Bogor sebagai runner up pertama pada Indonesia Digital Society Award 2014.Next


(rns/ash)