Adu Keren Fungsi Tambahan untuk Memotret




Nexus 4, BlackBerry Z10 dan iPhone 5 (Sha/detikINET)


Jakarta - Setelah sebelumnya detikINET membahas mengenai fitur-fitur kamera yang ditawarkan BlackBerry Z10, iPhone 5 dan LG Nexus 4, kini komparasi selanjutnya adalah fungsi tambahan untuk memotret.

Setelah mengambil objek yang baik, menempatkan posisi untuk memotret dengan pas tentu saja menjadi sesuatu yang tak kalah penting. Memang untuk sebagian orang, memotret dengan menyentuh layar sudah lebih dari cukup.


Namun ada beberapa dari ketiga smartphone tersebut yang menawarkan fungsi tambahan agar hasil foto yang didapatkan bisa lebih baik lagi.


BlackBerry Z10


BlackBerry Z10 hadir dengan konsep berbeda, termasuk saat memanfatkan fitur kameranya. Selain menekan tombol bantuan di layar sentuh, smartphone perdana dengan OS BlackBerry 10 juga menawarkan tombol fisik tambahan.


Ya, tombol volume plus dan minus yang terpasang di samping kanan bodi BlackBerry Z10 bisa difungsikan sebagai tombol fisik tambahan untuk memotret.


Memang, fungsi ini sudah diperkenalkan di versi BlackBerry sebelumnya. Akan tetapi perbedaan terjadi di dalam fungsinya, saat menekan tombol volume plus atau minus di Z10 maka berfungsi untuk menjepret.



Nah, tombol tengah di antara volume difungsikan untuk autofokus dalam gambar. Karena pada kenyataanya, di Z10, pengguna tidak bisa menyentuh sudut tertentu yang ingin fokus di layarnya. Jadi tombol tersebut sangat berguna sekali.


iPhone 5


Saat memotret menggunakan iPhone 5 yang full touchscreen biasanya tombol shutter untuk mengambil gambar atau melakukan setting kamera ditampilkan di layarnya. Sehingga semua fungsi dilakukan sepenuhnya di layar.


Memang ini membuatnya menjadi mudah, namun tak jarang cukup menganggu apalagi yang ingin mengambil posisi gambar dalam keadaan sempurna. Tambahan tombol fisik diperlukan agar hasil foto bisa sesuai keinginan.


Di iPhone 5, tampilan layar dibuat sederhana. Posisi antara option untuk memilih tombol shutter, option, autofokus atau mengubah kamera depan atau belakang tidak akan berubah kendati posisi ponsel diubah dari potrait ke landscape.



Nah, untuk mempermudah dalam memotret, selain dengan menyentuh shutter di layar, pengguna juga bisa memanfaatkan tombol volume plus dan minus yang ada di samping bodi untuk mengambil gambar.


Selain itu juga, earphone di iPhone pun bisa dimanfaatkan untuk memotret. Caranya sama, cukup dengan menekan tombol volume. Dengan bantuan ini, pengguna bisa melakukan aktivitas memotret sambil mendengarkan lagu atau mengambil gambar candid.


Memang untuk melakukan zoom in dan zoom out, pengguna iPhone 5 tetap harus melakukannya dengan cara manual melalui layar sentuh. Dengan cara menekan tombol atau mencubit pada layar sentuhnya.


Nexus 4


Di Nexus 4 memang secara default tak ada tombol fisik yang bisa digunakan untuk memicu tombol shutter seperti di iPhone 5, namun layar di sini mempunyai beberapa fungsi yang tak kalah penting.


Pengguna Nexus 4 bisa dengan bebas menentukan titik fokus saat ingin mengambil gambar, tinggal sentuh titik yang diinginkan pada ponsel. Fungsi seperti ini biasa disebut touchfocus.


Pengaturan kamera juga bisa dilakukan dengan beberapa sentuan, cukup usap sekali, maka beberapa menu pilihan akan muncul. Ada beberapa fungsi yang bisa diakses, antara lain pengaktifan HDR, lampu blitz, tingkat cahaya, white balance, dan lainnya.



Akses ke galeri untuk melihat hasil foto juga dapat diakses dengan mudah, cukup geser ke kiri maka semua foto yang pernah diambil akan tampil.


Review bagian 1: Menguak Fitur Andalan, Siapa Paling Jagoan?


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!