Awas! Lubang di Flickr Umbar Foto Pribadi Pengguna




Ist. (Dpreview)


Jakarta - Layanan berbagi foto Flickr tertimpa masalah privasi. Sebuah bug yang ditemukan di produk milik Yahoo ini membuat foto pribadi penggunanya terekspos.

Tentu ini adalah hal yang tidak mengenakkan bagi pengguna yang terkena dampaknya, terutama mereka yang menyimpan foto 'sensitif' di situ. Ya, untung saja yang terkena lubang ini bukan semua user dan tidak semua foto, namun hanya sebagian.


Adapun foto yang terkena potensi bahaya ini hanyalah yang diupload di antara bulan April dan Desember 2012, demikian seperti dikutip dari Dpreview, Selasa (12/2/2013).


Flickr pun dengan cepat merespons situasi ini. Mereka telah mengirimkan email kepada user yang tertimpa masalah tersebut. Tim Flickr juga mengambil langkah ekstra mengamankan foto yang sebelumnya terekspos publik dengan menonaktifkan link dan embed foto yang dimaksud.


"Bug software telah diidentifikasi dan diperbaiki," demikian ujar Vice President Flickr Brett Wayn berusaha menenangkan pengguna layanannya. Flickr tentunya tak mau user gundah dengan kemunculan bug ini, terlebih layanan ini tengah berusaha untuk kembali merebut perhatian pecinta foto.


Di tengah banyaknya layanan serupa, Flickr memang sempat melesu. Saat Marissa Mayer menduduki kursi CEO Yahoo, banyak yang mengharapkan Mayer mampu membuat Flickr kembali 'bergairah'.


Penyegaran di Flickr pun pelan-pelan mulai diperlihatkan. Salah satunya adalah beberapa waktu lalu, layanan ini merilis update untuk aplikasi di iOS dengan menghadirkan filter foto seperti yang ada di versi Android.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!