Di Turki, 'Steve Jobs' Jadi Merek Baju




Jakarta - Di Amerika Serikat, Apple berusaha sekuat tenaga mengamankan nama pendirinya -- Steve Jobs -- sebagai hak cipta yang tak boleh sembarangan digunakan. Tapi lain halnya cerita yang terjadi di Turki.

Tanpa diduga, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pakaian di Turki berhasil mematenkan nama Steve Jobs melalui nama kantor paten di Turki.


Pengusaha bernama Kamil Kurecki berhasil mematenkan nama dagang Steve Jobs dalam kaitannya dengan merek pakaian atau tekstil yang akan dibuat melalui perusahaan tersebut. Paten ini sendiri didaftarkan pada akhir Oktober 2011, tak lama setelah kematian sang inovator.


Dikutip detikINET dari Cult of Mac, Selasa (5/2/2013), Kurekci bukannya tak tahu menahu mengenai masalah tersebut. Sebab pada kenyataannya, dia sengaja melakukan hal itu untuk memanfaatkan nama besar Steve Jobs.


"Kami berpikir bahwa Steve Jobs adalah merek yang dikenal di seluruh dunia yang tidak akan pernah terlupakan. Hal ini juga jelas bahwa itu akan memudahkan pekerjaan kita untuk iklan produk luar negeri kami," kata pihak perusahaan.


Belum ada komentar dari pihak Apple mengenai hal ini.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!