Era Mark Zuckerberg Sudah Berakhir?




Mark Zuckerberg (ist)


Jakarta - Untuk waktu yang lama, Facebook adalah salah satu perusahaan yang paling menarik di antara perusahaan teknologi lain. Pendiri dan CEO Mark Zuckerberg, menjadi ikon dunia di usia muda.

Di usia sekitar 23 tahun, Zuckerberg merintis Facebook menuju kejayaan. Dari pengguna yang awalnya terbatas di universitas Harvard, kini jumlah pengguna Facebook hampir 1 miliar.


Cerita mengenai kelahiran Facebook penuh intrik yang menarik, sampai-sampai menjadi sebuah film laris berjudul Social Network. Sosok Zuckerberg yang masih sangat muda, drop out dan kaya raya terus menjadi bahasan tiada henti.


Kemudian pada tahun 2012, Facebook masuk ke bursa saham dengan nilai valuasi USD 100 miliar. Sempat turun drastis, kini harga saham mereka beranjak stabil.


Dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (12/2/2013), Facebook kini makin mirip dengan perusahaan teknologi yang lain dan mulai 'membosankan'. Mereka punya manajemen solid dan rencana matang di masa depan. Tidak banyak lagi kisah menarik seperti dulu.


Dan Zuckerberg hampir berumur 30 tahun. Dia tak lagi anak muda labil, namun sudah menjadi orang dewasa matang, pebisnis dan sudah menikah. Ada penilaian eranya sebagai ikon teknologi muda sudah mulai berakhir, dalam arti tidak akan ramai lagi diperbincangkan seperti dahulu.


"Apakah kita sudah mencapai puncak masa-masa Zuckerberg sebagai model ideal anak muda? Kita mungkin segera melalui masa ketika Zuckerberg adalah pengaruh utama bagi sebuah generasi di dunia teknologi," tulis Nicholas Carlson, editor di Business Insider.


"Dia akan menyukainya. Dia memang tidak pernah terlihat nyaman menjadi pusat perhatian. Namun itu pula yang membuatnya kaya dan powerful," tambahnya.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!