Jual Saham Rp 23 Triliun, Bos Google Makin Tajir




Chairman Google Eric Schmidt (gettyimages)


Jakarta - Chairman Google Eric Schmidt dilaporkan bakal menjual separuh saham miliknya yang ada di raksasa mesin pencari tersebut. Bila deal, tentu saja Schimdt akan mendapatkan dana segar dalam jumlah yang sangat besar.

Dalam dokumen Securities and Exchange Commision (SEC) terungkap, sekitar 42% atau 3,2 juta lembar saham milik Schimdt berencana untuk dilepas. Dengan jumlah tersebut, Schimdt setidaknya dapat meraup dana USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 23,7 triliun.


Pun demikian, Dijualnya saham milik Schimdt tidak akan mempengaruhi posisi eksekutif kawakan tersebut. Sebab dia masih memiliki 4,4 juta lembar saham dari total 7,6 juta saham yang dimilikinya.


Dikutip detikINET dari Guardian, Senin (11/2/2013), aksi penjualan ini tak lepas dari rencana Google memberikan apa yang disebut 'individual asset diversification and liquidity'.


Menurut SEC, penjualan saham tersebut akan dilakukan bertahap di tahun ini agar tidak mempengaruhi harga saham perusahaan.


Tahun lalu, majalah Forbes memperkirakan kekayaan Schmidt mencapai USD 7,7 miliar. Alhasil, jika penjualan sahamnya berjalan lancar, Schimdt dipastikan bakal semakin tajir, bahkan bisa menyaingi duo pendiri Google -- Sergey Brin dan Larry Page -- yang masih lebih lebih kaya dari Schmidt untuk sekarang ini.


Schmidt sendiri pernah bekerja di Bell Labs, Xerox dan Sun Microsystems, ia menghasilkan sebagian besar kekayaannya di Google.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!