Kelamaan Pelototi Gadget, Mata Kita dalam Bahaya

Jakarta - Waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang di depan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, layar komputer, maupun layar televisi adalah sembilan jam per hari.

Demikian laporan terbaru Vision Council, sebuah asosiasi perdagangan nirlaba. Laporan ini tampaknya sepele, tapi jangan salah, hal itu justru bisa menyebabkan ketegangan pada mata dan masalah penglihatan lainnya.


Para peneliti yang melakukan survei pada lebih dari 7.000 orang, menemukan bahwa waktu yang dihabiskan di depan gadget atau layar televisi terus meningkat untuk anak-anak dan orang dewasa.


Dalam setahun, jumlah orang yang mengaku menghabiskan 10 jam per hari pada perangkat elektronik naik sebesar 4%. Hampir 70% orang dewasa di Amerika Serikat mengalami ketegangan mata sebagai akibat dari meningkatnya penggunaan perangkat elektronik.


"Orang dewasa berusia 18 sampai 34 tahun merasakan ketegangan mata pada tingkat yang lebih tinggi (45%) daripada rekan-rekan mereka yang lebih tua," ujar para peneliti dalam sebuah laporan, seperti dikutip Everyday Health, Sabtu (11/1/2014).


Douglas Lazzaro, MD, profesor dan ketua di Departemen Ophthalmology di SUNY Downstate Hospital di Brooklyn, New York mengatakan, terus-menerus menatap layar dapat menyebabkan sejumlah masalah.


Disebutkan olehnya, semakin lama Anda melihat layar komputer, ketegangan mata cenderung semakin meningkat dan dapat menyebabkan sakit kepala.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!