ZTE Pamerkan Jam Tangan Pintar BlueWatch

Jakarta - Rencana ZTE menghadirkan smartwatch di awal 2014 akhirnya terwujud. Perusahaan teknologi asal China ini terjun ke pasar wearable gadget dengan merilis BlueWatch.

Disandingkan dengan ePaper display, BlueWatch dibenamkan sensor yang berfungsi sebagai pedometer. Alhasil, jam tangan pintar ini pun sekaligus punya fungsi merekam aktivitas si penggunanya.


Beberapa fungsi dari fitur pedometer ini antara lain menghitung setiap langkah pengguna saat jogging atau berjalan dan menghitung kalori yang terbakar selepas beraktivitas.


Jika dilihat dari segi desain, ZTE BlueWatch ini mirip dengan smartwatch Pebble. Sedangkan untuk fitur, kurang lebih BlueWatch menawarkan sejumlah fitur yang sama seperti smartwatch kebanyakan. BlueWatch juga dirancang untuk bisa ditandem dengan handset ZTE melalui konektivitas Bluetooth.


Dengan demikian, pengguna bisa melihat pesan masuk ke ponsel melalui layar jam tersebut, melakukan panggilan telefon, mengakses SMS, email, dan juga terkoneksi dengan jejaring sosial.


Soal daya tahan baterai, BlueWatch diklaim sanggup menyala hingga 7 hari dalam sekali pengisian baterai. Smartwatch ini pun tahan air dan bisa dibawa menyelam ke kedalaman hingga 10 meter.


Sayangnya, ZTE belum mengungkapkan waktu ketersediaan produk ini di pasar. Harganya pun belum diketahui. Namun sebagai gambaran, ZTE beberapa waktu lalu pernah menyebutkan akan mengambil langkah berbeda dari Samsung.


Galaxy Gear, dengan banderol USD 299 dikabarkan penjualannya tak terlalu 'meledak' karena pertimbangan harga. Tak mau hal serupa menimpanya, ZTE berencana akan menjual smartwatch-nya dengan harga lebih murah, sehingga bisa memikat konsumen.


Seberapa murah? ZTE memang belum mengungkapnya secara resmi. Namun seperti detikINET kutip dari The Verge, Kamis (9/1/2013), tak menutup kemungkinan smartwatch tersebut bakal dibanderol di angka USD 100 hingga USD 150.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!