NSN Pasok 4G LTE Telkomsel di 1.800 MHz

Jakarta - Nokia Solutions Networks (NSN) memastikan turut memasok teknologi berbasis Long Term Evolution (LTE) yang akan digunakan Telkomsel sebagai infrastruktur jaringan untuk menggelar layanan seluler 4G di Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Rabu (8/1/2014), disebutkan bahwa NSN akan membantu Telkomsel untuk meng-upgrade jaringan GSM, 3G HSPA+, serta menyediakan layanan LTE publik dengan memasok radio base station dan jaringan inti.


Selain itu, NSN juga menyediakan layanan refarming untuk 1.800 MHz GSM band untuk membantu Telkomsel menyediakan layanan 4G LTE di Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit di Bali 1–8 Oktober 2013 lalu.


Jaringan LTE publik pertama di Indonesia di APEC CEO Summit itu menyediakan layanan mobile broadband untuk kurang lebih 5.000 delegasi dan partisipan yang menghadiri acara tersebut.


Selama tes LTE yang dilakukan sebelum konperensi, jaringan 4G uji coba ini menunjukkan kecepatan download hingga 70 Mbps. Jaringan LTE ini menyediakan jangkauan di seluruh venue konperensi dan tempat lain seperti Ngurah Rai International Airport dan hotel di wilayah Nusa Dua.


"Layanan 4G LTE yang kami tawarkan selama acara internasional seperti APEC Summit, menunjukkan kesiapan kami untuk mengembangkan jaringan broadband di Indonesia. Ini juga merupakan pernyataan kepada dunia bahwa Indonesia siap mengimplementasikan teknologi tersebut," kata Alex Janangkih Sinaga, Direktur Utama Telkomsel.


"Mitra teknologi kami, NSN, membantu kami meng-upgrade jaringan GSM dan 3G yang ada di seluruh wilayah serta menggelar jaringan LTE handal dengan mulus di Bali," kata Alex lebih lanjut.Next


(rou/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!