Jelly, 'Google Mini' Buatan Pendiri Twitter

Jakarta - Biz Stone, salah satu pendiri Twitter, merilis aplikasi mobile dengan nama yang lucu dan unik, Jelly. Aplikasi ini boleh dibilang adalah 'Google mini'. Fungsinya sebagai mesin pencarian mobile di smartphone atau tablet.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (8/1/2014), ketika penggunaannya populer nanti, Stone berharap Jelly akan mengubah cara orang melakukan pencarian dan menemukan informasi.


"Setiap orang saat ini mobile, semuanya terkoneksi. Jadi jika Anda punya pertanyaan, ada orang lain di luar sana yang punya jawabannya," kata pria yang meninggalkan Twitter pada Juni 2011 ini.


Jelly, tersedia gratis untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa memasukkan pertanyaan ke jaringan pertemanan mereka di social media seperti Twitter atau Facebook.


Seperti melakukan pencarian di mesin pencarian Google, mereka bisa mengetikkan pertanyaan yang dimaksud. Atau, jika pertanyaan mereka dalam bentuk gambar misalnya, mereka bisa melingkari objek pada foto yang mereka ambil dan menanyakan informasi tentang objek tersebut.


Layanan ini nantinya akan bersaing dengan Quora, yang dibuat oleh mantan karyawan Facebook, atau Ask.com dan Yahoo's Answers yang memungkinkan pengguna bertanya ke orang lain. Banyak juga di antara pengguna layanan semacam ini mendapatkan rekomendasi atau jawaban dari teman mereka di Facebook dan Twitter.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!