Ponsel 'Rakitan' ZTE Komponennya Bisa Di-upgrade

Las Vegas - Masih ingat ponsel modular yang tengah dikembangkan ZTE dan Motorola dengan sebutan Eco-Mobius dan Project Ara? Ponsel bergaya rakitan ala komputer PC ini masih dalam proses riset mendalam.

Membuktikan pernyataannya, ZTE pun memamerkan ponsel modular Eco-Mobius garapannya pada event CES 2014. Meski masih sebatas prototipe, Eco-Mobius cukup dapat menggambarkan seperti apa ponsel modular nantinya.


Terlihat ponsel modular ZTE Eco-Mobius terdiri dari beberapa bagian utama yang dapat dipisah yakni prosesor, RAM, memori internal, kamera, dan baterai. Bagian-bagian inilah yang nantinya dapat leluasa di-upgrade oleh penggunanya layaknya sebuah PC rakitan.


Seperti misalnya pengguna menginginkan prosesor yang lebih kencang, ukuran RAM ataupun memori internal yang lebih besar, hingga penggantian modul kamera dengan kemampuan yang lebih spesifik. Semua hal tersebut kelak bakal dimungkinkan pada ponsel modular.


Pun begitu, sesuai pernyataan ZTE, penggila gadget yang penasaran dengan ponsel modular masih harus menantikan kehadirannya cukup lama. ZTE memperkirakan masih sekitar 2 tahun lagi.


Seperti juga Motorola dengan project Ara, memang bukan perkara mudah bagi kedua produsen ini untuk menghadirkan ponsel modular yang diyakini bakal merubah peta teknologi smartphone ke depannya.


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!