Ponsel Meizu Siap Andalkan Ubuntu

Jakarta - Meski belum resmi diumumkan, teka-teki ponsel yang akan mengandalkan Ubuntu sebagai sistem operasinya telah terungkap. Vendor ponsel Meizu yang lumayan terkenal di China kabarnya siap mengandalkan OS Ubuntu Touch.

Kabar tersebut diperkuat oleh bukti bocoran video yang telah beredar di dunia maya. Ponsel Meizu yang mengusung tipe MX3 tersebut memamerkan sistem operasi Ubuntu Touch yang digunakannya.


Beberapa waktu lalu, pendiri Canonical yang merupakan penggarap Ubuntu, Mark Shuttleworth, memang mengatakan ponsel Ubuntu akan mulai memasuki pasaran tahun ini. Shuttleworth menyebut untuk tahap awal, akan dirilis 3 ponsel Ubuntu dari produsen yang telah cukup dikenal.


Namun belum jelas apakah Meizu yang dimaksud oleh Shuttleworth sebagai produsen yang cukup dikenal tersebut. Paling tidak dengan hadirnya Ubuntu Touch di ranah smartphone semakin memperkaya pilihan platform ponsel pintar selain Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry 10.


Selain versi Ubuntu, seperti detikINET kutip Phone Arena, Minggu (12/1/2014), ternyata ponsel Meizu MX3 juga masih akan ditawarkan dalam versi Android. Berikut bocoran video ponsel Meizu yang memakai Ubuntu.


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!