Android Kian Menggurita di Tahun Kuda

Jakarta - Lembaga riset Gartner memproyeksi akan ada sekitar 2,5 miliar smart devices seperti ponsel, tablet, dan PC yang dikapalkan di sepanjang 2014. Jumlah ini meningkat 7,6% dibandingkan tahun lalu.

Diperkirakan, ponsel yang akan dikapalkan tahun ini mencapai 1,9 miliar unit dimana sekitar 1,1 miliar di antaranya berbasis Android. Sedangkan PC yang dikapalkan sebanyak 278 juta unit, dan komputer tablet sekitar 300 juta unit.


Di tahun kuda ini, sistem operasi Android juga diperkirakan akan kian mendominasi dengan persentase mencapai 45% di semua perangkat. Tahun sebelumnya, Android sudah menguasai 38%. Dominasi Android diperkirakan masih akan berlanjut menjadi 48% di 2015.


Menurut catatan Gartner, perangkat Android yang dikapalkan di sepanjang 2013 lalu diperkirakan mencapai 1,9 miliar. Sedangkan Apple dengan iOS dan Mac sekitar 682 juta unit.


Direktur Riset Gartner Ranjit Atwal memprediksi, seiring terus melesatnya pamor Android, maka Samsung sebagai vendor terbesar yang mengusung OS itu masih akan terus mempertahankan pangsa pasarnya.


Seperti detikINET kutip dari TechCrunch, Kamis (9/1/2014), Apple dalam prediksi Gartner juga terlihat menempel ketat sistem operasi Windows di semua perangkat. Posisinya, Windows sebanyak 360 juta unit, sementara Apple di 344 juta unit selama 2014.


(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!