Telkom Perkuat Jaringan WiFi di Bandara Halim

Jakarta - Kembali beroperasinya bandara Halim Perdanakusuma untuk rute penerbangan komersil, coba dimanfaatkan Telkom untuk menjaring pelanggan data yang membutuhkan koneksi internet lewat jaringan WiFi.

"Menyambut dibukanya kembali Bandara Halim Perdanakusuma, Telkom telah menyiapkan fasilitas telekomunikasi yang akan mendukung kegiatan operasional bandara," ujar Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo di Jakarta, Jumat (10/1/2014).


Untuk mendukung dan melengkapi infrastruktur jaringan telekomunikasinya di bandara Halim, Telkom menambah sekitar 40 titik akses poin layanan Wifi.id yang koneksinya disalurkan melalui jaringan serat optik dan infrastruktur BTS Telkomsel.


Penambahan kapasitas jaringan ini, menurut Executive General Manager Divisi Telkom Barat Prasabri Pesti, diperkuat agar akses internet melalui koneksi nirkabel dapat dinikmati di seluruh area bandara.


"Layanan ini selain sebagai sarana pendukung bandara, diharapkan juga dapat membantu calon penumpang maupun pengantar penumpang dalam mengakses jaringan internet," kata Prasabri dalam kesempatan yang sama.


Ia menambahkan, saat ini Telkom telah menggelar infrastruktur fiber optik yang menghubungkan bandara Halim Perdanakusuma. Sementara untuk kenyamanan pelanggan selular, Telkomsel telah menyiapkan satu combat macro dan satu BTS micro.


"Penambahan infrastruktur ini untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama saat peresmian pada hari ini," ujarnya lebih lanjut. Seperti diketahui, bandara Halim Perdanakusuma mulai diberlakukan menjadi bandara komersial terhitung sejak 10 Januari 2014.


“Beroperasinya kembali Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersial dengan fasilitas ICT yang memadai tentulah dambaan banyak orang. Telkom mendukung penuh rencana tersebut dengan menjamin terselenggaranya layanan telekomunikasi yang memadai di seluruh area Bandara,” pungkas Arif Prabowo.


(rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!