Mau Parkir? Tinggal Pakai Ponsel

Las Vegas - Mobil-mobil yang dijual di Indonesia saat ini sudah memiliki fitur park assist, yang membuat pengendara tidak perlu lagi memutar-memutar setir kemudi saat akan memarkirkan mobil.

Cukup tekan tombol, mobil dengan otomatis akan memutar setir sendiri dan kita tinggal mengatur irama pedal gas dan rem secara bergantian.


Nah, di masa depan, sistem parkir itu akan lebih canggih lagi. Supplier Jerman, Robert Bosch GmbH sudah mengembangkan fitur self-parking untuk kendaraan yang bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan telepon genggam!


Self-parking system ini seperti dilansir autonews, Rabu (8/1/2014) mengandalkan sensor ultrasonik dan kamera video untuk memarkirkan kendaraan.


Kapan? Tidak lama lagi, Bosch akan memproduksi sistem ini pada tahun 2014. Begitu kata Tim Frasier, regional president of Bosch Automotive Electronics North America.


Frasier tidak menyebutkan dengan pasti, pabrikan mana yang akan dipasangi sistem parkir Bosch ini, namun dia memastikan ini adalah langkah pengembangan menuju mobil yang otonom alias mobil tanpa pengendara.


Jadi cara kerjanya adalah, pengendara menghentikan kendaraannya di dekat tempat parkir, kemudian mengaktifkan fungsi parkir sendiri di dalam kendaraan kemudian pengendara turun dari kendaraan. Setelah itu, pengendara tinggal membuka aplikasi di telepon genggam untuk membuat mobil parkir sendiri.


"Sistem ini akan berfungsi di setiap lahan parkir, bahkan yang sempit seperti di Eropa sekalipun," ujarnya.


Ke depan, sistem ini akan lebih canggih yakni dubbed valet parking. Sistem ini akan memungkinkan mobil untuk mencari sendiri tempat parkirnya. Setelah itu, mobil akan menghampiri pengendara lagi saat pengendara akan mengendarai kembali mobilnya, tentunya dengan membuka aplikasi. Namun sistem yang lebih canggih ini belum siap diproduksi Bosch.


(lth/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!