Anak SMA Ini Berambisi Kalahkan Mesin Pencari Google

Jakarta - Usia mereka tergolong masih muda, bahkan mereka masih mengenyam pendidikan sekolah menengah atas (SMA). Namun mesin pencari yang mereka buat sudah berambisi untuk mengalahkan Google.

Gevva, mesin pencari yang dibuat tiga siswa Horace Mann terdiri dari Sahil Gupta, Stan Zhang dan Cavan Klinsky. Ketiga memang telah bersahabat sejak kelas 5 SD dan sudah gemar melakukan coding.


Lalu, apa yang membuat trio ini begitu yakin bahwa Gevva mampu bersaing dengan raksasa mesin pencari Google?


"Mesin pencari kami mengambil headline, pentunjuk dan lokasi restoran yang dicari pengguna dengan cepat dan terbaik dalam satu paket tanpa pengguna harus meng-klik terlebih dahulu," jelas Klinsky, seperti dikutip detikINET dari Elitedaily, Selasa (20/5/2014).


Dia juga menambahkan, Gevva mempunyai fungsi yang mudah digunakan dan diklaim mampu menawarkan hasil yang lebih cepat.


"Gevva bukan mesin pencari tradisional, ini "do engine". Gevva memberikan jawaban dengan cepat langsung ke mesin pencarinya. Karena selama ini, mesin pencari seperti Google menghubungkan pengguna dengan situs lain," tambah Gupta.


Gevva sendiri merupakan kreasi mereka saat mengikuti Hackaton di sekolahnya. Saat itu mereka mampu menjuarai kompetisi dan mendapatkan hadiah USD 500. Nah, ketimbang uangnya dibuat berfoya-foya, mereka pun memutar uang tersebut untuk mengikuti pameran yang lebih besar.


Alhasil, tiga sekawan ini mampu membuat booth sederhana di Techday di New York untuk memamerkan mesin pencarinya kepada puluhan ribu pengunjung. Ya, sampai tahu dari sini Gevva benar-benar bisa mendapatkan nama besarnya atau malah dibeli perusahaan besar dengan harga selangit.


(tyo/tyo)