Nilai Pinterest Tembus Rp 57 Triliun

Jakarta - Pinterest mendapatkan suntikan dana sebesar USD 200 juta. Masuknya dana segar ini menjadikan valuasi dari jejaring sosial tersebut menembus USD 5 miliar atau sekitar Rp 57 triliun.

Seperti detikINET kutip dari Reuters, Minggu (18/5/2014), dana segar itu disuntik dari beberapa perusahaan pemodal ventura seperti SV Angel, Bessemer Venture Partners, Fidelity, Andreessen Horowitz, FirstMark Capital, and Valiant Capital Partners.


Pinterest akan menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan teknologi, mengembangkan program periklanan, dan memperluas jaringan internasional. "Investasi baru ini memberi kita sumber daya tambahan untuk mewujudkan visi,” kata CEO Pinterest, Ben Silbermann.


Mulai dikembangkan pada Desember 2009, Pinterest yang didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan akhirnya diluncurkan pada Maret 2010. Layanan Pinterest memungkinkan pengguna membuat papan buletin online berdasarkan berbagai tema, seperti perjalanan, dekorasi, olahraga, musik, dan sebagainya.


Saat itu, perusahaan ini masih terus merugi dan tengah mencari jalan agar bisa menghasilkan uang dari layanan. Walau merugi, suntikan uang terus mengalir dari para pemodalnya.


Pada Oktober 2013, Pinterest bernilai USD 3,8 miliar setelah mendapatkan investasi sebesar USD 225 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun yang dipimpin oleh perusahaan pemodal Fidelity Investments. Total dana yang sudah dihimpun Pinterest diperkirakan mencapai USD 764 juta.


(rou/rou)