WD Rilis Hardisk Eksternal Khusus Mac

Jakarta - Western Digital (WD) merilis My Passport Pro, dual drive portable pertama dengan dukungan Thunderbolt untuk para pengguna Macbook. Hardisk eksternal dengan kapasitas 2TB dan 4TB ini ditargetkan untuk para profesional di industri sinematografi.

"Segmen pengguna yang kami targetkan untuk My Passport Pro ini memang sangat segmented, secara global target marketnya hanya 7%. Misalnya, filmmaker, fotografer, videografer, musisi, desainer grafis, dan arsitek," kata Tirtaputra Salim, Sales Manager Branded Products WD di Penang Bistro, Jakarta, Jumat (23/5/2014).


Hardisk ini sengaja dibuat khusus untuk sistem Mac karena memiliki fungsi RAID yang bisa dipilih pengguna untuk memberikan kinerja yang dibutuhkan oleh aplikasi yang paling membutuhkan tanpa power adapter atau kabel tambahan.


Didukung langsung oleh kabel Thunderbolt yang terintegrasi dan didesain unik, My Passport Pro menawarkan kemampuan transfer super cepat hingga 233 MB per detik, baik untuk read maupun write.


Fitur kunci lainnya dari My Passport Pro dual drive ini adalah fungsi RAID yang bisa dipilih. Misalnya, data striping (RAID 0) untuk kinerja tinggi atau mirroring (RAID 1) untuk redundansi data, tergantung kebutuhan pengguna.


"Thunderbolt kami pilih karena memiliki keunggulan dibanding FireWire 800 dan USB 3.0. Dengan teknologi ini, menyalin file video HD 22 GB bisa lebih cepat dua kali lipat dari waktu yang biasanya dibutuhkan drive USB 3.0 yang bekerja pada format RAID 0," jelas Tirtaputra.


Saat memperkenalkan hardisk eksternal ini, Tirtaputra juga mendemokan secara langsung kecepatan real yang bisa didapat saat menyalin file dari sebuah Macbook Air ke My Passport Pro. Menyalin file video HD sebesar 13,5 GB bisa dilakukan hanya dalam waktu 59 detik.


"Itu artinya, setiap detik file yang berhasil ditulis oleh My Passport ini secara real sekitar 227 megabyte per detik. Kalau untuk menulis saja secepat itu, untuk read pasti logikanya lebih cepat lagi," papar pria yang sempat bekerja untuk Samsung ini.


Hardisk eksternal ini sendiri dibanderol seharga USD 325 atau Rp 3,6 juta untuk kapasitas 2TB dan USD 479 atau Rp 5,3 juta untuk 4TB. Harga ini menurut Tirtaputra masih masuk akal mengingat My Passport Pro ini terdiri dari dua hard drive 2,5 inch yang ditempatkan di sebuah penutup aluminium ramping--meski agak berat. Yang 2TB beratnya 0,46 kilogram, dan yang 4TB beratnya 0,72 kilogram.


"Untuk saat ini, My Passport Pro ini hanya untuk pengguna Macbook saja. Untuk pengguna Windows belum masuk plan kami. Dan pengguna Mac pun saya kira baru 50% saja yang sudah punya fitur Thunderbolt. Jadi memang, masih sangat segmented," pungkasnya tanpa mau mengungkap target penjualan. (rou/rns)