Belum Kapok, Facebook Bikin 'Pembunuh' Snapchat

Jakarta - Facebook kabarnya sedang membuat lagi layanan sejenis Snapchat versinya sendiri. Sepertinya raksasa jejaring sosial ini belum kapok ingin menyaingi layanan berkirim pesan rahasia itu.

Slingshot, demikian nama layanan penantang Snapchat ini, pengembangannya ditangani langsung oleh sang CEO Facebook Mark Zuckerberg. Mengutip sumber internal yang tidak disebutkan identitasnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna berbagi video pendek.


Seperti dilansir dari Financial Times, Rabu (21/5/2014), Slingshot punya interface yang sederhana, sehingga untuk berbagi video pendek, pengguna hanya perlu melakukan beberapa kali tap pada layar perangkat mobile mereka.


Seperti diketahui, aplikasi yang menawarkan layanan berbagi video tengah populer setelah kemunculan Vine dan kepopuleran Snapchat. Snapchat sendiri sempat menarik perhatian Facebook yang kemudian berminat membelinya.


Sayangnya, pinangan Facebook senilai USD 3 miliar atau senilai Rp 34,2 triliun ditolak bos Snapchat Evan Spiegel. Ini pula yang kemudian membuat Facebook terpacu membuat pesaingnya.


Facebook sebelumnya telah membuat Snapchat versinya sendiri yakni Poke. Namun nasib aplikasi di perangkat iOS ini tak berumur panjang. Dengan dimatikannya Poke di iOS, Facebooker tak bisa lagi 'mencolek' teman melalui aplikasi tersebut.


(rns/tyo)