Pelanggan Indosat 59 Juta, Kalah dari XL

Jakarta - Indosat mencatatkan kenaikan jumlah pelanggan sampai dengan Maret 2014 silam, namun demikian anak usaha Ooredeoo ini harus puas tergusur XL Axiata yang bertengger di posisi kedua.

Dalam paparannya di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), CEO dan Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli mengatakan bahwa jumlah pelanggan seluler kini mencapai 59,6 juta hingga Maret 2014.


"Dari angka itu ada kenaikan sebesar 1,9% dibandingkan dengan tahun 2012 yang mencapai 58,5 juta. Sebagian besar memang masih pelanggan prabayar," kata Alex, di Auditorium Indosat, Jakarta, Kamis (22/5/2014).


Jumlah pelanggan yang didapatkan oleh Indosat membuat operator yang identik dengan warna Kuning itu harus puas di posisi ketiga. Sebab, XL Axiata hingga akhir tahun 2013 memiliki pelanggan 60,5 juta pelanggan.


XL semakin meninggalkan Indosat pasca akuisisi dengan Axis dimana jumlah pelanggan mereka kini bila ditotal mencapai 65 juta atau mewakili 21% pangsa pasar seluler di Indonesia.


Alex juga menambahkan bahwa laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) di 2013 mengalami penurunan yaitu Rp10,38 triliun dibandingkan 2012 yang mencapai Rp10,54 triliun.


Mengenai rampungnya Axis yang kini menjadi bagian dari XL, Alex menjawab santai dan tidak merasa terintimidasi dari sisi jumlah pelanggan dan strategi pemasaran.


"Gini, Axis itu dahulu head to head dengan IM3. Ketika Axis sudah tidak ada, justru IM3 melenggang sendirian," tandasnya optimis.


(tyo/rou)