Email Ini Diklaim Anti Mata-mata NSA

Jakarta - Kicauan Edward Snowden tentang NSA telah membuat stigma tak ada informasi yang benar-benar aman dari intaian badan intelijen AS itu. Tapi mungkin tidak semuanya, karena ada satu layanan email yang mengklaim kebal terhadap aksi mata-mata NSA.

Adalah ProtonMail yang merupakan layanan email yang berbasis di Swiss yang mengklaim tak bisa ditembus NSA. Dikembangkan oleh tim gabungan dari administrator MIT, Harvard, dan CERN (European Organization for Nuclear Research, ProtonMail pun dibekali keamanan berlapis.


ProtonMail yang dimulai pengembangannya sejak tahun 2013 ini memiliki konsep login otentifikasi ganda. Artinya tak seperti kebanyakan email yang hanya mengharuskan pengguna cukup sekali memasukan username dan password, pada ProtonMail pengguna wajib melakukannya 2 kali dan dengan password yang berbeda.


Kedua akses login ini pun mewakili otentifikasi sekaligus enkripsi data email pengguna. Selain itu ProtonMail juga diklaim 100 anonymity yang artinya susah dilacak keberadaannya, tak dapat dilacak alamat IP-nya, dan juga tak menyimpan data login penggunanya.


Menariknya lagi, seperti detikINET kutip Phone Arena, Senin (19/5/2014), ProtonMail juga menyodorkan fitur self-destruct message dimana email yang dikirimkan akan secara otomatis ‘mennghancurkan diri’ beberapa waktu kemudian setelah dibaca penerima.


ProtonMail sendiri kini sudah memasuki tahap beta public dan kedepannya akan ditawarkan secara gratis dengan batasan 100 MB atau maksimal 500 email per bulan untuk tiap akun.


(yud/rou)