Apple Beli Beats Bukan Cuma Buat Audio

Jakarta - Akuisisi Apple atas Beats diperkirakan akan diumumkan pekan ini. Banyak yang sibuk menerka apa yang akan dilakukan Apple dengan akuisisi ini. Kabarnya, pembesut iPhone ini ingin memanjakan user dengan kualitas video, bukan cuma audio seperti yang diperkirakan.

Seperti diketahui, Apple sudah mempunyai iTunes dan iTunes Radio. Pembelian Beats semulai ramai disebut-sebut karena Apple ingin membuat headphone khusus, mengingat Beats sendiri dikenal dengan kualitas audionya.


Namun seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (20/5/2014), ada pandangan lain yang didapat dari penulis biografi Steve Jobs, Walter Isaacson, mengenai akuisisi ini.


Dalam sebuah wawancara dengan Billboard, Isaacson berspekulasi bahwa pembelian Beats, bisa menjadi cara untuk membangun sebuah ekosistem baru. Dengan memboyong nama-nama tersohor seperti Jimmy Iovine dan Dr. Dre, Apple menyiapkan koneksi industri yang mereka butuhkan untuk produk TV mereka.


Dugaan ini berdasarkan catatan bagaimana Iovine membantu Apple dalam meyakinkan sejumlah label musik ternama di 2003, untuk mau menyajikan karya mereka di iTunes. Dia bahkan menyarankan Steve Jobs saat itu untuk membeli Universal Music Group.


Iovine juga yang kala itu membantu Apple membuat kesepakatan dengan U2 ketika meluncurkan (RED) iPod Classic yang sukses menarik perhatian. Nah, selanjutnya, Apple sepertinya mempersiapkan industri untuk Apple TV-nya, menyajikan video dan audio berkualitas di layar kaca.


(rns/rou)