Cyber Crime Makan Korban 12 Orang Tiap Detik

Jakarta - 12 orang menjadi korban kejahatan di dunia maya setiap detiknya atau hampir 400 juta setiap tahun dengan kerugian sekitar USD 113 miliar. Parahnya, Indonesia merupakan negara yang paling sering mendapat serangan cyber.

Demikian dikatakan Regional Director IPR dan Digital Crimes Unit Microsoft Asia Pasifik Keshav S Dhakad mengutip laporan Norton Report 2013. Menurutnya, Indonesia adalah negara selain Tiongkok yang paling sering mendapatkan serangan cyber dibandingkan negara lain.


"Dunia usaha adalah salah satu yang menjadi incaran cyber crime dan kerugiannya bisa mencapai jutaan dolar. Malah ada satu komunitas di luar sana yang sengaja mencuri mulai informasi data hingga materi," tutur Keshav di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/5/2014).


Dia pun memberi saran penting agar para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia mengenali resiko ini dan memastikan mereka meninjau dan mengaudit sistem IT dan perangkat lunak secara regular


"Di Microsoft kita mempunyai tim cyber security yang menjaga serangan tersebut. Demi layanan cloud untuk keselamatan pelanggan dan data secara perlindungan total," Keshav menandaskan.


(rou/rou)