Dicaplok Facebook, WhatsApp Kejar Target 1 Miliar

San Francisco - WhatsApp tengah fokus meningkatkan jumlah pengguna aktifnya. Layanan messaging populer ini ingin meningkatkan basis penggunanya dua kali lipat dari jumlah yang ada saat ini.

Dalam sebuah wawancara, Business Development Head of WhatsApp Neeraj Arora menanggapi pertanyaan media mengenai akuisisi WhatsApp oleh Facebook. Dikatakannya, tidak ada yang berubah setelah mereka diakuisisi raksasa jejaring sosial tersebut.


"Saat ini kami ingin meningkatkan populasi pengguna aktif dari 500 juta menjadi satu miliar dalam kurun waktu satu tahun ini," ujarnya seperti detikINET kutip dari Times of India, Jumat (16/5/2014).


Neeraj juga sempat mengatakan, bahwa WhatsApp tidak menyentuh dana yang diperolehnya dari akuisisi. Melainkan mereka menyimpannya sebagai tabungan masa depan. Yang menarik, WhatsApp juga tidak menggunakannya untuk upaya marketing.


"Kami tidak mengeluarkan uang sama sekali sejauh ini dalam hal marketing. Ketika Anda tidak memikirkan itu, maka tugas Anda adalah fokus mengajak lebih banyak orang ke platform Anda," jelasnya.


Lebih lanjut dia mengatakan, dana USD 19 miliar yang mereka peroleh dari akuisisi oleh Facebook lebih ditujukan untuk kepentingan jaminan untuk keberlangsungan dan pengembangan operasional WhatsApp.


"Jika Anda harus melakukan hal tertentu, berinvestasi dalam sebuah hal, kita harus punya uang dan punya pengaruh agar bisa memenangkan pertaruhan," ujarnya.


WhatsApp sendiri, meski sederhana dibandingkan layanan messenger lain, terus menampakkan pertumbuhan signifikan. Kekhawatiran WhatsApp bakal ditinggal penggunanya pasca diakuisisi Facebook ternyata tak terbukti.


Sebaliknya, jumlah user yang bergabung di layanan yang identik dengan ikon telepon ini terus bertambah hingga tembus 500 juta orang pada April silam. Pencapaian ini tak main-main karena diraih hanya dalam kurun waktu empat bulan sejak mereka mengumumkan telah mempunyai 400 juta pengguna aktif selama sebulan.


Dengan tambahan 100 juta anggota baru selama empat bulan, semakin mendekatkan WhatsApp mencapai target mendapatkan satu miliar pengguna yang memang dicanangkan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg. (rns/rou)