Melongok Sejarah Ponsel di Samsung Innovation Museum

Suwon - Kehidupan manusia kini seakan tidak pernah lepas dari ponsel. Bahkan riset IDC menyebutkan bahwa hal pertama yang dilakukan 80% orang berusia 18-44 tahun ketika baru bangun tidur adalah mengecek ponsel mereka.

Sejak awal diciptakan untuk keperluan militer, teknologi ponsel berkembang pesat. Sejarah ponsel merupakan salah satu yang dipamerkan di Samsung Innovation Museum, yang terletak di Suwon, Korea Selatan.


Apa saja ponsel-ponsel yang membawa pengaruh besar? Berikut kisah singkat yang diperoleh detikINET kala berkunjung ke Samsung Innovation Museum.


1. Mobira Talksman (1985).


Tidak seperti ponsel zaman sekarang yang handy, ini lebih mirip telepon umum portable. Beratnya mencapai 5 kg. Ketika dirilis pada 1985, harganya USD 5 ribu. Ponsel ini lebih mahal dari sebuah mobil.


2. Simon Personal Communication (1993).


Dikeluarkan oleh IBM, ini merupakan smartphone pertama di dunia. Walau judulnya smartphone, tentu jauh dari yang ada sekarang. Fitur-fitur di dalamnya adalah penggunaan stylus, mengirim dan menerima fax atau email, kalender, jadwal sehari-hari, dan kalkulator. Jangan bayangkan bisa menunggah foto ke Instagram, karena saat itu bahkan belum ada Instagram.Next


(hds/ash)