'Otak Ponsel' Nvidia Kangkangi Snapdragon Terbaik

Jakarta - Predikat Snapdragon 801 sebagai salah satu prosesor terkencang di jagat ponsel bakal segera tersaingi. Nvidia baru saja memamerkan kemampuan prosesor terbarunya yang diklaim sukses mengangkangi kinerja Snapdragon 801 milik Qualcomm.

Menggunakan sejumlah aplikasi benchmark populer seperti AnTuTu dan 3DMark, Tegra K1 yang didaulat sebagai penerus Tegra 4 memang menunjukan peningkatan kinerja signifikan. Termasuk bila dibandingkan dengan Snapdragon 801 yang notabene adalah salah satu prosesor ponsel terbaik saat ini.


Pada hasil pengujian AnTuTu, Tegra K1 tercatat mampu menorehkan skor sebesar 44 ribu poin. Sementara Snapdragon 801 menguntit di belakangnya dengan raihan 36 ribu poin. Begitu juga pada pengujian menggunakan 3Dmark dimana Tegra K1 kembali berjaya dengan skor 25 ribu poin yang disusul oleh Snapdragon 801 dengan hanya 19 ribu poin.


Menariknya, tak seperti Snapdragon 801 yang masih mengusung komputasi 32 bit, seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Jumat (16/5/2014), Tegra K1 dipastikan bakal ditawarkan dalam dua varian yang masing-masing mendukung komputasi 32 bit dan 64 bit.


Adapun perangkat yang kemungkinan pertama kali menggunakan Tegra K1 adalah tablet yang tengah dikembangkan Xiaomi, dan konsol genggam berbasis Android, Nvidia Shield 2.




AnTuTu Tegra K1 vs Snapdragon 801


3DMark Tegra K1 vs Snapdragon 801




(yud/rou)