Intel Geber Prosesor Ponsel 14 nm

Jakarta - Intel tak ingin mengerem inovasinya di segmen prosesor ponsel. Produsen chip ini tengah menyiapkan prosesor terbarunya yang lebih canggih dengan proses pabrikasi 14 nm.

Dengan proses pabrikasi yang semakin rapat, artinya kinerja yang ditawarkan juga bakal semakin tinggi. Namun konsumsi dayanya justru semakin hemat dan panas yang dikeluarkan juga lebih rendah.


Seperti diungkap oleh Harry K. Nugraha selaku Channel Sales Director Intel Indonesia pada presentasinya di event Intel Mobility Show 2014 di Belly Clan, prosesor ponsel 14 nm Intel nantinya akan memiliki dua varian yang bernama Cherry Trail dan Broxton.


Cherry Trail masuk kategori 'performance' yang disinyalir disiapkan untuk masuk segmen menengah. Sedangkan Broxton disiapkan untuk mengincar segmen kelas atas yang oleh Intel diberi kategori Hero Devices.


Keunggulan kedua varian tersebut dibanding versi sebelumnya adalah teknologi quad core yang bakal disodorkan. Nah, berkat fitur Hyper-Threading yang dimiliki, OS bakal mengenalinya sebagai prosesor octa core.


Selain itu Intel juga berniat membenamkan dukungan teknologi seluler anyar LTE-Advanced pada Cherry Trail dan Broxton. Untuk memungkinkannya, Intel pun tengah mengejar sertifikasi guna melegalkan implementasi teknologi seluler tercepat itu pada kedua varian anyar Intel Atom.


“Kedua prosesor ponsel 14 nm (Cherry Trail dan Broxton-red.) tersebut rencananya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015 mendatang,” tutup Harry.



(ash/rou)