'Orang Tua Jangan Kalah dari Anak Soal Internet'

Surabaya - Kebutuhan internet saat ini dinilai penting. Namun, internet juga bisa berbahaya bagi anak-anak apabila tidak ada pengawasan dari orang tuanya.

"Sebenarnya internet kalau dikatakan penting ya penting untuk masa sekarang. Tinggal orang tuanya bagaimana, apakah bisa memantau penggunaannya dan pemanfaatan bagi si anak," ujar Psikolog Phebe Illenia Suryadinata kepada wartawan usai acara seminar tentang Keselamatan Anak dan Murid di Internet, Urusan Siapa?, di gedung Graha Pena Surabaya, Sabtu (17/5/2014).


Psikolog yang berdinas di Rumah Sakit Kristen RSK St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya ini mengatakan, orang tua juga harus belajar terhadap perkembangan informasi teknologi dan dunia maya. Tujuannya, untuk bisa memantau aktifitas anaknya, termasuk pertemanan maupun update status anak di jejaring sosial.


"Misalnya anak tanya ke mamanya, tapi mamanya tidak mengerti, si anak ya otomatis mencari jawaban ke orang lain. Padahal, orang lain itu tidak menutup kemungkinan memounyai niat jelek ke si anak," tuturnya.


"Jadi orang tua juga penting untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi. Kalau update status anak lagi galau juga bisa tahu dan bisa menanyakan apa alasannya mengupdate status tersebut," ujarnya.


Internet juga bisa menimbulkan kejahatan seksual bagi anak. Kata Phebe, peranan orang tua sangat besar khususnya di pendidikan seksual, agar anak tidak terjerumus kejahatan seksual melalui internet.


"Mungkin selama ini kejahatan seksual seperti pemerkosaan itu secara fisik. Padahal sebenarnya kejahatan seskual itu lebih besar ruang lingkupnya. Seperti, anak membuka situs porno, itu sudah merupakan kejahatan seksual terhadap anak," terangnya.Next


(roi/rou)