Opera Bikin Browser Khusus iPhone

Jakarta - Salah satu produk Opera yang mungkin cukup terkenal adalah Opera Mini, namun kini produsen software asal Norwegia itu punya satu produk baru yang dirancang khusus untuk iPhone.

Opera Coast, demikian nama browser terbaru Opera. Sebelumnya piranti lunak ini sudah tersedia untuk iPad, namun untuk generasi ketiga ini Opera juga merilisnya khusus untuk iPhone.


Berbeda dengan kebanyakan browser lainnya, Opera Coast menawarkan pengalaman berselancar internet yang unik. Dari sisi antarmukanya saja berbeda, dengan tampilan yang memang dirancang untuk mudah dinavigasikan dengan jempol.


Saat dijajal detikINET, Opera Coast ini memang berbeda dibanding kebanyakan browser lain untuk ponsel. Untuk menu 'back' misalnya, pengguna hanya tinggal geser ke kanan untuk mengaksesnya. Lalu untuk melakukan refresh, bookmark, juga bisa dilakukan dengan beberapa sentuhan.


Kemudian tampilan Opera Coast juga dibuat sederhana hanya dengan satu tombol 'home' di bagian bawah, dan tombol 'history' di kanan bawah.


"History pada Opera Coast juga bisa dipakai sebagai bookmark, dan fungsi ini jadi lebih menarik karena semua situs ditampilkan lengkap dengan gambarnya," kata Agnes Agastia Communications Manager Opera Software, Rabu (14/5/2014).


Sejauh ini browser unik tersebut diklaim diterima baik oleh pengguna iPad, dan alasan itulah yang akhirnya membuat Opera untuk membawa pula untuk pemakai iPhone.


"Tapi bukan sekadar mengecilkan tampilannya saja, ada hal-hal yang sengaja dioptimalkan agar sesuai dengan iPhone," pungkas Agnes.


Tertarik mencicipinya? Opera Coast kini sudah bisa diunduh melalui Apple App Store secara cuma-cuma.


(eno/ash)