Pemblokiran Vimeo di Indonesia pun Mendunia

Jakarta - Tak hanya jadi pemberitaan panas media lokal, pemblokiran situs Vimeo di Indonesia ternyata jadi perhatian internasional. Sejumlah media global ternama pun turut memberitakan kebijakan penyensoran ini.

Cnet sebagai salah satu media yang cukup ternama bahkan melontarkan pendapatnya yang mengatakan Vimeo bukanlah situs pornografi. Namun media teknologi ini juga tak memungkiri kebijakan Vimeo yang membolehkan penggunanya meng-upload video bertema ‘non-sexual nudity’.


Beda lagi dengan Ubergizmo, meski dengan kebijakan yang mengatasnamakan seni tersebut, blog teknologi yang tak kalah tenar ini justru memaklumi pemblokiran Vimeo di Indonesia dimana mayoritas penduduknya adalah muslim yang menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan.


Media lain yang tak mau kalah mengabarkan nasib apes Vimeo di Indonesia adalah ibtimes. Media ini menuliskan asal mula diblokirnya Vimeo di Indonesia yang menurutnya bersumber dari akun Vimeo bernama ‘art of nakedness’, ‘beautiful of nakedness’, dan ‘nudie cutie’.


Ketiga akun ini disebut telah meng-upload ribuan video bertema ‘non-sexual nudity’ antara 8 bulan hingga 2 tahun belakangan.


Di Indonesia sendiri aksi pemblokiran yang dilakoni oleh Kementerian Kominfo ini sejatinya juga menuai kontroversi. Salah satunya lewat ‘serangan’ yang dilontarkan pada akun Twitter Menkominfo oleh pengguna internet Indonesia yang tak setuju dengan keputusan yang dianggap kurang tepat sasaran ini.


(yud/ash)