Pekerja Terjangkit Leukimia, Samsung Minta Maaf

Jakarta - Beberapa waktu yang lalu, Samsung terlibat dalam sebuah kontroversi menyangkut lingkungan kerja yang berbahaya bagi pekerjanya.

Akibat hal tersebut, sejumlah pekerja Samsung dilaporkan terjangkit penyakit berbahaya seperti leukimia.


Bahkan penyakit tersebut juga telah memakan korban jiwa, salah satunya adalah Hwang Yu-mi, yang meninggal pada tahun 2007 akibat leukimia.


Tahun 2011, pengadilan di Seoul menyebutkan bahwa kemungkinan besar Hwang terjangkit leukimia setelah terkena bahan kimia berbahaya di pabrik milik Samsung di Suwon.


Hwang hanyalah satu dari banyak pekerja Samsung yang terkena penyakit serupa setelah bekerja di pabrik tersebut.


Seperti yang dilansir The Verge, sebuah film dokumenter yang dirilis bulan lalu menyebutkan bahwa ada 56 kasus leukimia dan beberapa kasus kanker darah yang diderita oleh pekerja Samsung.


Atas dasar itulah Samsung secara resmi telah meminta maaf atas penyakit yang menjangkiti sejumlah pekerjanya.


“Beberapa pekerja di fasilitas produksi kami menderita leukimia dan sejumlah penyakit yang belum ada obatnya, beberapa di antaranya juga berakhir dengan kematian. Kami seharusnya menyelesaikan masalah ini sejak lama, dan kami benar-benar sedih karena gagal melakukannya. Untuk itulah kami mengungkapkan permintaan maaf kami sedalam-dalamnya,” ujar CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun.


Kwon juga menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan kompensasi yang pantas untuk semua pekerjanya yang terkena dampak dari bahan kimia berbahaya tersebut.


(ash/yud)