'Internet 2 Mbps di Jakarta Rp 300 Ribu, Papua Rp 6 Juta'

Jakarta - Tak cuma harga bahan makanan yang jauh lebih mahal di Papua. Untuk urusan akses internet, wilayah Indonesia paling timur itu juga jauh dari kata murah.

Menurut Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan, penyebaran infrastruktur TIK di Indonesia masih belum merata. Sehingga jika berbicara soal akses internet, penduduk Indonesia memiliki fasilitas yang berbeda.


Di Jakarta misalnya, dengan kecepatan internet sekitar 2 Mbps, layanan yang dijual kepada pelanggan sekitar Rp 300 ribu.


Namun bakal berbeda sangat jomplang jika kita berada di wilayah Indonesia Timur. Di Maluku dan Papua misalnya, dengan kecepatan yang sama -- 2 Mbps -- harganya bisa sampai Rp 6 juta.


"Karena di sana (Maluku dan Papua) belum ada jaringan, jadi jauh lebih mahal," kata Sammy saat berbincang dengan detikINET, Jumat (3/10/2014).


Menurut data Akamai, perusahaan cloud dan internet monitoring, internet Indonesia berada di posisi 101 dengan kecepatan rata-rata 2,5 Mbps. Di posisi puncak adalah Korea Selatan yang sudah ngebut dengan 24,6 Mbps.


Sebelumnya, Sammy mengungkapkan ada tiga hal yang jadi biang keladi leletnya internet Indonesia . Yaitu soal penyebaran, kapasitas dan pembangunan infrastruktur.


(ash/fyk)