Uni Eropa Izinkan Facebook Caplok WhatsApp

Jakarta - Facebook sedang dalam proses penyelesaian akuisisi terhadap WhatsApp senilai USD 19 miliar. Mereka membutuhkan persetujuan dari beberapa regulator. Kabar baik bagi Facebook, Uni Eropa telah merestui akuisisi WhatsApp.

Dikutip detikINET dari Reuters, Minggu (5/10/2014), Komisi Eropa telah menganalisis keinginan Facebook untuk membeli WhatsApp. Mereka akhirnya menilai akuisisi tersebut tidak akan mengganggu iklim kompetisi sehingga memberikan restu.


"Kami telah secara berhati-hati memeriksa proposal akuisisi dan menyimpulkan bahwa hal ini tidak akan mengganggu kompetisi di pasar yang dinamis dan terus tumbuh ini. Konsumen masih akan memiliki banyak pilihan aplikasi komunikasi," kata Joaquin Almunia dari European Competition Commisioner.


Dengan demikian, proses akuisisi WhatsApp oleh Facebook semakin mendekati tahap finalisasi. Facebook sendiri yakin WhatsApp yang dibelinya sangat mahal, akan bermanfaat bagi perkembangan bisnisnya.


Di masa mendatang, WhatsApp berencana menambah berbagai layanan untuk mempertahankan penggunanya dari godaan aplikasi messaging pesaing. Misalnya layanan voice call gratis yang kemungkinan diterapkan jelang akhir tahun ini.


(fyk/fyk)