Mau Dicaplok Google, Cyanogen: No!

Jakarta - Digemari oleh banyak pengguna Android yang hobi mengoprek, Cyanogen ternyata telah dilirik oleh Google yang merupakan pembesut Android. Bahkan raksasa internet itu disebut telah mengajukan penawaran untuk membeli Cyanogen.

Cyanogen dikenal berkat CyanogenMod yakni custom OS berbasis Android yang telah sangat digandrungi oleh kalangan penggemar Android. CyanogenMod yang kini memasuki versi ke 11 pun diklaim telah di-download lebih dari 10 juta kali sejak pertama kali diluncurkan.


Ujung dari kesuksesannya itu, Cyanogen telah meresmikan dirinya sebagai sebuah perusahaan resmi. Adapun Oppo menjadi produsen ponsel pertama yang bekerjasama dengannya lewat dibenamkannya CyanogenMod pada ponsel N1.


Belakangan Google disebut tengah berusaha mengakuisisi Cyanogen. Informasi yang beredar mengatakan Google ingin tim yang ada dibalik CyanogenMod masuk dalam tim pengembangan Android.


Namun seperti dilansir Phone Arena, Jumat (2/10/2014), Cyanogen disebut menolak mentah-mentah tawaran Google itu. Sayangnya alasannya sejauh ini masih belum diketahui.


Padahal Cyanogen kabarnya memang tengah mencari partner kerjasama yang bersedia menggelontorkan dana investasi sebesar USD 1 miliar. Mungkin saja alasan Cyanogen menolak tawaran Google adalah nilai akuisisi yang masih belum sesuai. Siapa tahu?


(yud/ash)